Kata-kata bijak hari ini

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” (Seno Gumira Ajidarma)
Home » , , » WAJAH FLP UIN MALANG

WAJAH FLP UIN MALANG

Written By FLP UIN Maliki Malang on Jumat, 24 Mei 2013 | 22.33



            Kami bukanlah hebat, namun bisa berbakat. Kami tidaklah pintar, namun bisa belajar. Kami belumlah besar, namun akan mengukir sejarah. Tulisan membuat kami terlahir. Tulisan membuat kami dewasa. Tulisan membuat kami hidup. Dan pada kematian, kami meninggalkan tulisan.


            Tulisan adalah mata kami untuk mengenal dunia. Tulisan adalah suara yang menandakan keberadaan kami. Tulisan adalah kaki yang membawa kami berlari. Tulisan adalah hembusan nafas yang membuat jantung kami berdetak. Tulisan adalah tawadan tangis kami dikala suka dan duka.

            Percikan api muncul ketika kertas putih tergesek oleh penaku, memberikan sedikit cahaya pada mata ku untuk melihat, meski sejenak. Kami taburkan bintang sebagai penerang tulisan. Kami goreskan cahaya mentari sebagai penghangat tulisan. Kami siratkan keteduhan sinar bulan sebagai rasa tulisan.  Memutar kata mempermanis tulisan. Mencari sebab dan alasan tarian tangan atas tulisan. Begitulah cara kami untuk memahami kehidupan.

            Di UIN, kami bertemu dan mengenal. Apa itu ketidak tahuan, apa itu keraguan, dan apa itu kepercayaan. Ya, FLP inilah tempat kami bernaung, mencoba mengasah pena dalam mencari kelincahan menulis. Dalam wadah inilah tempat kami berbagi, berbagi setitik cahaya dalam butanya mata. Sedikit pun kami tak melihat pamrih yang diharapkan. Mata kami melihat hanya sebuah keinginan, melihat sebuah karya yang lahir dari sejengkal jemari kami.


            Sebuah pertanyaan sederhana yang dilontarka kepada kami, “Apa yang menjadi kendala kalian menulis?”. Semua keluh kesah kami terjawab dengan beberapa solusi yang dipaparkan kepada kami. Seperti:
·        menulis itu hal yang remeh, jadi tulislah semua hal, mesti itu hal remeh. Karena belum tentu hal remeh itu tidak bernilai. Selain itu,  sesuatu yang besar itu bersumber dari hal yang kecil-kecil.
·        Buatlah tulisan yang berbeda. Berbeda disini dimaksudkan untuk menarik orang lain untuk membaca karya yang berbeda karena dipandang lebih unik dan sesuatu yang baru.
·        Membuat clue-clue dari setiap ide pokok yang terselip. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari dissinkronisasi cerita dari per paragrafnya. Clue memudahkan seseorang utuk menghubungkan cerita satu dengan lainnya.
·        Mencari sesuatu yang simple. Simple disini dapat berwujud sebagai pemikiran, buah karya ataupun rancangan konsep. Tulisan bagus tidak selalu lahir dari sesuatu yang wah, karena dari sesuatu yang simple bisa muncul sebuah yang luar biasa. Seperti sebuah karangan sederhana yang dibungkus dengan kata-kata indah, akan lahir sebuah karya yang indah.
·        Membuat target adalah hal yang perlu dilakukan untuk memecut semangat untuk menulis. Jika menulis sudah terjadwal oleh target-target, maka lamban laun kebiasaan menulis akan muncul dengan sendirinya.
·        Menggunakan waktu dengan tepat. Waktu adalah faktor penting yang harus dikelola dengan baik. Ketidak mamapuan memanage waktu, bisa sangat berbahaya dalam menulis. Tulisan yang belum terselesaikan akan terbengkalai karena menunda-nunda waktu.


sere wax
team 1

2 komentar:

  1. wah....terima kasih ya Sere sudah menulis tentang ini...
    Terharu saya...
    Selamat berproses di FLP UIN, semoga kedepan FLP UIN semakin melebarkan sayapnya. Menjadi naungan literasi yang nyaman untuk penghuninya. Tentunya butuh dukungan dari antum dan teman-teman lainnya. Karena Organisasi ini lebih dari teman, partner menulis. Organisasi ini keluarga ^_^
    Semangat !!!!

    BalasHapus